Sabtu, Oktober 18

Diantara Cara Menjalin Ukhuwah


Membina persaudaraan adalah perintah Alloh yang diajarkan oleh semua agama, termasuk agama Islam.
Oleh sebab itu, sudah sewajarnya kalu semua elemen membangun Ukhuwwah dalam komunitasnya.
Apabila ada kelompok tertentu dengan mengatasnamakan agama tetapi enggan memperjuangkan perdamaian dan persaudaraan maka perlu dipertanyakan kembali komitmen keagamaannya, karena Alloh Ta'ala telah berfirman di dalam Alqur'an:
"Dan berpeganglah kamu semua kepada tali Alloh dan janganlah kamu bercerai berai,dan ingatlah akan nikmat Alloh kepadamu ketika kamu dahulu bermusuh-musuhan maka Alloh mempersatukan hatimu, lalu karena nikmat Alloh menjadilah kamu orang2 yang bersaudara".(QS Ali Imron/3/103).

Oleh karena menjalin persaudaraan adalah perintah Alloh Ta'ala maka sebagai hamba haruslah merealisasikannya, tapi dalam prakteknya bahwa menjalin dan mempertahankannya ukhuwah ternyata tidaklah mudah, namun demikian tidak berarti lantas kita tidak berusaha mewujudkan ukhuwah/persaudaraan tersebut.
Untuk itu perlu kiranya dicari cara2 untuk bisa menjalin persaudaraan, diantaranya ialah:

1 Untuk mewujudkan persaudaraan dalam skala yang besar, mungkin terlebih dahulu harus diciptakan persaudaraan/kerukunan yang lebih kecil, seperti kerukunan sesama anggota keluarga, kemudian mengarah pada persaudaraan sesama anggota masyarakat, lalu persaudaraan dalam satu komunitas organisasi massa, dan seterusnya.

2 Menjalin ukhuwah/persaudaraan memang selayaknya menjauhi hal2 yang bersifat diskriminatif.

3 Shilaturohmi yang sering dilakukan akan membawa kepada suatu pencerahan kesadaran sehingga menimbulkan sifat saling pengertian atau saling memahami antar komunitas yang ada.

4 Fenomena yang banyak terjadi, pada umumnya sebagian golongan tertentu lebih mengedapankan emosi dan fanatismenya, lalu pada gilirannya akan menutup ruang komunikasi dengan orang/kelompok lain, sehingga memperlebar jurang perbedaan yang bisa mengarah pada suatu pertentangan. Maka hal yang seperti ini perlu diminimalisir.

5 Terkadang situasi seperti di atas ini dipertajam lagi dengan emosi2 yang cenderung menyalahkan keyakinan/pemahaman kelompok lain, yang pada akhirnya akan diwarnai kecurigaan dan pertentangan antar kelompok tertentu. Hal seperti ini harus dihindari dan direduksi sedini mungkin.

6 Peranan tokoh yang menjadi panutan di masyarakat untuk lebih memfokuskan pada pembiunaan akhlaqul karimah/budi pekerti bagi anggota masyarakatnya, daripada untuk membicarakan perihal kekurangan/kelemahan golongan2 lain yang dikhawatirkan bisa berakibat negatif bagi jalinan persaudaraan.

7 Hendaknya perlu membangun ukhuwah dengan cara mencari titik temu-titik temu yang dimiliki masing2 golongan, bukan justru mencari-cari perbedaannya.

8 Menanamkan kesadaran dan pengertian kepada komunitasnya bahwa suatu perbedaan adalah hal yang lumrah terjadi sehingga tetap menimbulkan rasa saling menghormati dan saling menghargai.

9 Seandainya timbul pertentangan, supaya tetap menjaga sikap yang lemah lembut dan tidak bersikap kasar.

10 Berdialog atau tukar fikiran dengan cara yang baik.

11 Melatih diri untuk bisa saling memaafkan.

Demikianlah diantara beberapa cara dari sekian banyakl macam cara untuk bisa menjalin ukhuwah.

Alhamdulillahirobbil'alamin...

(Ayo dicoba-dicoba...^^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inilah Orang Gag Penting

Foto saya
ploso jombang city!, jawa timur, Indonesia
Yah masih nubie, perlu belajar banyak :p